Kamis, 01 Januari 2009

TAHUN BARU


Alhamdulillah Ya Allah, Berikanlah Rahmat,karunia dan hidayahMu kepada saudaraku dan keluarganya dalam kesehatan,keafiatan,kesukses,kemulaian dunia dan akhirat serta limpahkan RezekiMU kepadanya Amin”SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1430 H “( Wassalam Iwan Gunawan Dan keluarga di Pontianak /BPD HIPMI KALBAR).Sepotong kalimat ucapan yang terkirim ke ponsel saya di pagi hari. Sms itu merupakan salah satu dari sekian banyak sms ucapan selamat tahun baru yang masuk ke ponsel.Kalimat yang mengingatkan bahwa tidak terasa satu tahun telah berjalan tanpa terasa.Sementara rasanya hidup ini hanya berputar pagi,siang,sore,dan malam kemudian pagi kembali.Sebagai manusia memang kita terlalu disibukkan dari sifat keduniawian karena hal tersebut memang manusiawi sekali.Ucapan dan doa dari teman kadang menyadarkan kita ,bahwa semua kejadian sebenarnya hanya karunia Allah .
Karena tanpa KaruniaNYa kita hanya bisa apa?Ora et Labora berdoa disertai Usaha dan usaha untuk urusan hasil kembali itu rahasia Allah.
Tahun baru kali ini sangat istimewa karena antara tahun baru Hijriah dan Masehi hanya selisih 2 hari saja.Sebenarnya Tahun baru umat manusia di muka bumi tidak sama .Untuk umat muslim dan negara timur tengah memang tahun barunya lebih familiar tiap tanggal 1 Muharram kecuali di Iran yang merayakan tahun barunya tanggal 21 maret pada tahun Masehi dirayakan dengan mengadakan festival Noruz.Lain pula negeri cina yang merayakan tahun baru Imleknya dengan kemeriahan berbagi angpao dan saling mengucapkan Gong xi Fa cai.
Untuk di Kamboja lain lagi masyarakatnya merayakan tahun baru tiap tanggal 21,13,dan 14 April tahun masehi dengan upacara Chaul chnam thmey.
Ini lain pula di Irlandia untuk merayakan tahun baru yang dinamakan tahun baru Samhain pada tanggal 31 Oktober,Para Gadis melaksanakan ritualnya dengan meletakan daun ivy atau holly di bawah bantalnya sambil mengucap,”wahai daunku,tolong katakan padaku dengan siapa aku harus menikah”.Aneh memang,tapi itu kenyataan dan merupakan keyakinan semua manusia satu dengan yang lain memang berbeda.
Terlepas dari semua perbedaan, tahun baru merupakan kesempatan untuk umat manusia mengevaluasi diri dalam arti yang seluas-luasnya.Perjalanan satu tahun yang lalu baik keberhasilan,kegagalan ,kebahagiaan dan tak terkecuali hal yang kurang menyenangkan bisa menjadi pelajaran untuk menyongsong satu tahun kedepan dengan berbagai rencana dengan segala do’a.
Sepertinya Ucapan selamat dan do’a dari teman diawal tulisan ini sangatlah berarti karena manusia hanya bisa berusaha dan berdo’a .Baik do’a kita sendiri ,keluarga dekat maupun do’a dari semua teman teman.
SELAMAT TAHUN BARU 1430 H DAN TAHUN BARU 2009 Semoga Allah SWT memberikan Rahmatan kesehatan dan melimpahkan Rezeki untuk seluruh keluarga, teman serta handai taulan.Amin.

Tidak ada komentar: