Sabtu, 03 Januari 2009

Ketika Liburan Tiba


Kalau liburan sekolah tiba anak-anak pasti senang setelah satu semesteran mereka menerima pelajaran,sekarang tinggal rehat sejenak kurang lebih 2 minggu.Untuk yang punya duit dan waktu ,bisa mengisi liburannya dengan pergi berlibur ke luar kota tapi bagi yang belum punya duit bisa memilih tinggal dirumah saja.
Setiap liburan sekolah kalau tidak punya rencana berlibur di luar kota ,kita sekeluarga berlibur dengan menikmati acara makan-makan yang enak saja.
Kok makan enak.!.......,bukannya kalau tidak libur ndak bisa makan enak? Maksudnya makan enak tuh ,makan yang sesuai dengan keinginan.Bukan soal menunya harus daging,ayam maupun yang lainnya.
Yang dimaksud makan-makan enak disini ,makan dengan menu pesanan yang dimasak langsung oleh koki nomer wahid ibunya anak-anak.Untuk hari-hari kerja jangan harap menu itu tersaji yang tersaji ,menu beli jadi aja bo....maklum sang koki juga kerja menjadi pahlawan tanpa tanda jasa .
Makanya di hari libur itu, saatnya kami ...muuuuaakaan ueeenakkkkk dan juga bisa dipastikan anak-anakpun cukup menikmati hasil masakan koki tersebut.
Apa saja yang jadi menu andalannya bisa nasi goreng sea food,lele goreng plus sambalnya hampir tiap hari,tahu pepes,sayur keladi tengkuyung,sambal ikan teri,ikan(kerapu,kakap,bawal.kakap merah) asam manis ,oyak-oyak gembung,ikan lais goreng,bakwan tempura,shabu-shabu ecek-ecek,cah pakis ,sambal pete campuran jeroan ayam,bakwan jagung,bandeng presto,tempe tahu goreng,sambal kerang/kepah.
Menu tersebut tersaji selama liburan dan digilir selama waktu liburan sampai liburan selesai.
Percaya nggak sang koki dulu itu,untuk urusan memasak paling nggak bisa tapi sekarang udah jago deh..Bagaimana caranya kok bisa jago masaknya ,katanya sih kalau ada resep baru langsung tancap aja urusan rasa lama-lama enak sendiri.
Cuma yang paling penting katanya jadikan lah masak itu ibadah.....,kalau makan ibadah juga ?...Iyaa ingat badan dah......maksudnya tambah gemuk.Makanya kalau makan harus ingat-ingat badan bisa-bisa tambah gemuk.
Menurut Ratih(dedeK) rumus matematikanya liburan ,makan itu berbanding lurus dengan tambah berat badan dan hasilnya berbanding terbalik dengan isi dompet.Rumus Kimianya tanyakan bu Neneng aja pak.!.......mengapa ndak nanyakan ibu aja dek?,”Babeh nih nggak tau aja ibu waktu sekolah dulu jurusannya IPS ,”Jawab dedek seenaknya.
Kami semua tertawa bahagia sekale...........liburan tinggal dua hari ,”bisa ditambah lagi ndak beh”celetuk si Eldo.Dasar anak SD metematikanya yang tahu hanya tambah kurang doang.
“Beh, kalau sekolah udah masuk uang bekalnya tambah dong?”,bisik si Sulung padahal bensin udah turun uang sakupun harus turun.Kita tunggu saja apakah semut bertambah banyak di rumah.Apa hubungannya semut dengan uang saku,tanyakan ke Guru biologi jangan ke guru bahasa Inggris,karena semut nggak tahu tenses.Tiba-tiba tanpa diduga sang Ibu ikut berkomentar,APBN negara kita masih tersisa 60 trilyun itu berarti kita mempunyai modal awal untuk mendorong konsumsi dan bisa menumbuhkan perekonomian hingga ke level yang layak di dalam tekanan krisis keuangan global,yakni 4-6 % dengan nilai tengah 5 % di tahun 2009 .Dengan besarnya tekanan krisis global,pertumbuhan ekonomi hanya bisa didorong oleh konsumsi rumah tangga dan belanja pemerintah.Karena saat ini 60 % pertumbuhan ekonomi disumbang dari sektor konsumsi rumah tangga dan belanja pemerintah.Diharapkan laju inflasi pada tahun 2009 bisa mereda dari dua digit menjadi satu digit sekitar rata-rata 6 %.Turunnya angka inflasi bisa mengurangi beban masyarakat sehingga daya beli masyarakat akan meningkat.”Uiih...intelektual juga komentar ibu nih,nggak nyangka juga ya..”ujar dedek yang emang cerewet.Mereka pikir Negara itu kayaknya seperti rumah Tangga saja.Kami semua terhenti ketika sang ibu berteriak,”honey.........Your dinner will be ready on time !”.

Tidak ada komentar: